Jumat, 28 Juni 2019

User Interface (UI) / User Experience (UX) Designer


Pengertian User Interface

            User interface adalah bagian visual dari website, aplikasi software atau device hardware yang memastikan bagaimana seorang user berinteraksi dengan aplikasi atau website tersebut serta bagaimana informasi ditampilan di layarnya. User interface sendiri menggabungkan konsep desain visual, desain interasi, dan infrastruktur informasi. Tujuan dari user interface adalah untuk meningkatkan usability dan tentunya user experience.

Satu hal yang mungkin jarang diketahui orang banyak adalah seberapa pentingnya desain pada user interface. Bahkan kadang bentuk sebuah tombol saja bisa menentukan apakah seseorang mengerti bagaimana menavigasi website atau aplikasi tersebut? Desain user interface memang sangat penting karena itu akan menentukan bagaimana seseorang berinteraksi dengan website dan aplikasi tersebut. User interface juga menentukan apakah pengunjung website atau pengguna aplikasi dapat menavigasi website atau aplikasi dengan mudah.

User Interface (UI) 

User Interface (UI) Designer atau perancang antarmuka pengguna bekerja untuk memastikan bahwa fungsi perangkat lunak lancar dan logis untuk pengguna dan konsumen.
User Interface Designer beroperasi dalam tim pengembangan perangkat lunak untuk merancang, membuat, dan memecahkan masalah aspek antarmuka pengguna perangkat lunak. Perancang antarmuka pengguna mengandalkan pengetahuan teknis, keakraban dengan berbagai bahasa pemrograman, pemikiran kritis, dan kecerdikan untuk memastikan bahwa pengalaman pengguna untuk perangkat lunak tidak terhambat oleh antarmuka yang dirancang dengan buruk.

User Experience (UX) 

            Berbeda dengan UI, UX lebih kepada membuat desain web menjadi lebih indah. UX adalah desain yang digunakan untuk meningkatkan kepuasan dari para pengguna website melalui kesenangan serta kegunaan yang diberikan dalam proses interaksi antara para pengguna internet atau pengunjung serta produk yang ditawarkan. UX berfungsi untuk membuat website Anda menjadi lebih mudah untuk dipahami sehingga tidak membingungkan para pengguna.

UX bertujuan untuk membuat website tersebut mudah digunakan oleh para penggunanya. Desain UX dituntut untuk dapat menjadi jembatan penghubung agar UI data dapat bekerja sama dengan sistem yang telah dibuat. UX adalah proses untuk membuat produk yang telah kita buat menjadi mudah untuk digunakan dan tidak membingungkan pengguna.





Tujuan utama dari UI adalah menampilkan interface yang memiliki keseragaman yang baik dari segi warna, layout, atau font. Sementara itu UX adalah proses untuk membuat produk yang telah kita buat menjadi mudah untuk digunakan dan tidak membingungkan pengguna. Tanggung jawab seorang UX designer adalah memastikan bahwa setiap langkah demi langkah berjalan dengan logis dan jelas. Untuk menjadi seorang UI/UX designer kita harus terbiasa memilih perpaduan warna yang nyaman bagi user dan harus detail untuk melihat hasil yang di pasarkan ke produksi baik dari sisi font, warna, gambar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar